Advertisement

Prediksi Liga Champions 2009

Thursday, July 23, 2009 , Posted by bronks at 4:09 AM

Manchester United 50 - 50 Barcelona

STADION Olimpico Roma tengah pekan ini akan menjadi saksi salah satu perhelatan terakbar dalam sejarah sepakbola. Partai puncak Liga Champions yang mempertemukan dua tim terbaik dunia saat ini: kampiun Premier League Manchester United dan jawara La Liga Barcelona.

Sebutan final ideal telah disematkan terhadap pertandingan Kamis (18/5/2009) dini hari nanti. Baik United maupun Barca sama-sama mengincar sejarah di hadapan publik Roma. The Red Devils berhak memproklamirkan sebagai klub terbaik dunia jika sukses menjadi klub pertama yang mempertahankan mahkota Liga Champions sejak format diubah pada 1992 silam. Sementara, Barca siap menjadi klub Spanyol pertama yang mampu menyandingkan tiga gelar sekaligus dalam satu musim.

Barca telah menarik perhatian pecinta sepakbola musim ini dengan permainan atraktif serta keganasan lini depannya, terutama trisula maut Lionel Messi, Thierry Henry, dan Samuel Eto'o. Ketiganya telah mencetak tidak kurang dari 71 gol sepanjang kompetisi La Liga. The Messiah sendiri masih menempati urutan teratas pencetak gol terbanyak Liga Champions dengan torehan 8 gol.

Selain lini depan yang subur, Los Azulgrana juga memiliki para gelandang kreatif dan lincah yang berpotensi menjadi mimpi buruk barisan defender United. Pemain Terbaik Euro 2008 Xavi Hernandez serta partner idealnya, Andres Iniesta, merupakan kunci serangan El Barca. Cepat, gesit, dan lihai. Selain menjadi kreator serangan Barca, Xavi dan Iniesta juga memiliki naluri mencetak gol cukup tajam. Itu sudah ditunjukkan Iniesta ketika mencetak gol kemenangan pada leg kedua babak semifinal melawan Chelsea di menit-menit akhir.

United juga bukan tanpa senjata andalan. Ferguson punya skuad dengan kategori komplet. Di bawah mistar gawang berdiri kiper dengan berpengalaman, Edwin van der Sar. Sementara empat bek, Rio Ferdinand , Nemanja Vidic, Patrice Evra dan John O'Shea. Hanya, status Ferdinand memang masih belum ada kepastian. Bila Rio absen, Ferguson akan menyiapkan Jonny Evans dalam starting line-up.

Lini tengah Red Devils akan kehilangan Darren Flatcher yang terkena kartu merah di pertandingan semifinal melawan Arsenal. Absennya Fletcher memang cukup disayangkan karena permainannya cukup membuat lini belakang dan tengah United menjadi seimbang. Paul Scholes dan Michael Carrick bisa dipadukan di sektor jangkar. Cristiano Ronaldo, Park Ji-Sung atau Ryan Giggs adalah pilihan utama. Sementara di lini depan, Wayne Rooney masih menjadi pilihan utama. Pendamping Rooney adalah Carlos Tevez atau Dimitar Berbatov.

Melakoni laga hidup mati tengah pekan nanti, para punggawa United dan Barca tengah dalam kondisi puncak. Kepastian merebut trofi La Liga dan Premier League membuat Guardiola maupun Fergie mampu mengistirahatkan para pemain pilar mereka di lanjutan kompetisi domestik masing-masing, akhir pekan lalu.

Head to head kedua tim ini adalah sembilan pertandingan. United lebih unggul dari Barcelona. Laga final kali ini adalah edisi kesepuluh pertemuan kedua tim.

Perempat-final Winners Cup 1983/84. United unggul dengan agregat gol 3-2. Final Piala Winners 1991, Setan Merah menang 2-1 atas Barca.

Babak fase grup Liga Champions 1994/95. Kali ini United kalah telak 6-2. Bermain 2-2 di Old Trafford. Barca menang 4-0 di Nou Camp.

Babak fase grup Liga Champions 1998/99. Hasil di dua leg sama-sama berkesudahan 3-3. Namun, United jadi juara di musim itu.

Semifinal Liga Champions 2007/08. Skor kacamata di Nou Camp. Sementara di Old Trafford United unggul 1-0 melalui gol Paul Scholes.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment